Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Inilah 11 Alasan Lulusan IT Nggak Bisa Ngoding

3 min read

Inilah 11 Alasan Lulusan IT Nggak Bisa Ngoding

Pada artikel kali ini saya akan sharing 11 alasan mengapa lulusan IT nggak bisa ngoding. Boleh jadi tidak hanya 11, bisa lebih.

Anda mungkin bertanya-tanya, sama seperti saya, mengapa lulusan IT nggak bisa ngoding? Padahal di luar sana ada lulusan non IT yang bisa ngoding. Mereka yang tidak mendapatkan pelajaran ngoding di sekolah / kampus malah lebih jago ketimbang lulusan IT.

Alhasil, saya sendiri pernah menyaksikan mereka yang lulusan IT dibully karena nggak bisa ngoding. Anggapannya lulusan IT mesti bisa ngoding. Wajib malah.

Memang benar bahwa tidak semua lulusan IT itu bisa ngoding. Banyak faktor dan penyebabnya. Bisa dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar.

Mungkin, inilah 11 alasan mengapa lulusan IT nggak bisa ngoding.

Simak selengkapnya …

Karena Terpaksa

Saya pernah bertanya sama salah satu murid di SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), “Mengapa kamu masuk jurusan RPL?”

“Karena disuruh orang tua, Pak.”

Ada juga yang menjawab, “Terpaksa, Pak. Nggak ada jurusan lain.”

Di bumi Indonesia ini masih banyak orang tua yang memasukan anak ke dalam jurusan IT tanpa ada pemahaman “mengapa mereka harus masuk jurusan IT dan mengapa mereka perlu ngoding”. Orang tua suka memaksakan anak masuk ke IT, tapi tidak memberikan alasan yang tepat dan membuat anak MANTAP memilih jurusan IT.

Hasilnya bisa ditebak, mereka akan merasa terpaksa dan tidak tahu kemana harus melangkah. Giliran belajar coding mereka dengan mudah menjawab,

“Pusing, Pak.”

“Males, Pak.”

Apakah kamu termasuk orang yang terpaksa?

Tidak Tekun

Setelah masuk ke jurusan IT dan kamu mulai menjalaninya tibalah saatnya untuk lebih tekun belajar. Pada saat itu ngoding adalah aktifitas yang membutuhkan ketekunan, sementara kamu lelah dan mulai bosan.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, pernah mengatakan bahwa untuk ahli sebagai programmer nggak mesti pintar, yang penting tekun.

Nah, jika kamu sendiri tidak tekun dalam belajar ngoding bisa jadi meski lulus dari jurusan IT kamu nggak akan bisa ngoding.

Nggak Minat

Apakah ada orang yang nggak minat dengan IT tapi masuk jurusan IT?

Jawabannya ada.

Banyak alasan yang bisa disimpulkan. Misalnya karena orang tuanya pintar IT sementara anaknya tidak, namun orang tuanya berharap anaknya akan mewarisi ilmunya. Padahal bisa jadi sang anak punya minat yang berbeda.

Akhirnya sang anak tidak berani membantah perintah orang tuanya.

Hasilnya? Anda tahu jawabannya.

Mudah Menyerah

Untuk bisa jago ngoding maka Anda perlu memiliki sikap tidak mudah menyerah. Saat ngoding pasti Anda menemui error, bug, warning dan lain-lain.

Jika Anda mudah menyerah maka permasalahan itu tidak akan terselesaikan. Oleh karena itu dibutuhkan semangat pantang menyerah bagi programmer dalam memecahkan masalah bug dan error.

Jika tidak, meski lulusan IT tetap saja skill ngodingnya pas-pasan.

Kurang Fasilitas

Jangan salah, kurang fasilitas adalah salah satu hal yang jadi momok menakutnya. Contohnya saya, dari semester 1 sampai 4 di kampus tidak memiliki laptop. Saya praktik ngoding mengandalkan laptop temen. Itu juga kalau lagi nggak dipakai.

Baru semester 5 saya punya notebook dan mulai belajar ngoding dengan tekun.

Bisa Anda bayangkan jika lulusan IT sama sekali nggak punya alat praktik seperti notebook, laptop atau PC?

Cepat Bosan

Ngoding adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu lama. Oleh sebab itu programmer sering dilanda virus bosan.

Oke sih kalau dia bosan tapi bisa kembali lagi ke ngoding. Gimana kalau nggak?

Begitu bosan langsung ditinggalkan. Dia malah asik shopping, kongkow, cari hiburan sampai lupa sama ngoding. Nggak dibuka lagi tuh code sampe penuh sarang laba-laba. Bisa ditebak kan hasilnya?

Hanya Iseng

Masih ada lho orang yang iseng masuk jurusan IT. Sekedar nyoba dan pengen tahu gimana rasanya. Syukur-syukur dia betah di jurusan IT.

Gimana kalau sebaliknya?

Dari tingkah isengnya malah membuat dia frustasi karena kesulitan belajar. Malah lari dari kenyataan. Malah kabur nggak masuk ke kelas alasan sakit perut. Dan masih banyak lagi.

Tidak Menguasai Algoritma

Algoritma adalah gerbang utama untuk memasuki dunia ngoding. Saking pentingnya dosen saya pernah bilang kalau belajar algoritma itu lebih penting.

Emang bener sih kalau ngoding itu membutuhkan skill memecahkan masalah. Nah untuk memecahkannya dibutuhkan algoritma yang kuat. Kalau tidak akan kesulitan memecahkan persoalan di dunia ngoding.

Belum Terbayang Masa Depan

Penyebab berikutnya adalah kurangnya motivasi dan pengetahuan bagaimana para lulusan IT bisa terjamin pekerjaannya.

Apalagi di zaman sekarang hampir semua orang mulai melek IT. Apa-apa serba internet. Ya mau nggak mau kudu paham IT dan kudu bisa ngoding.

Tapi bagi mereka yang nggak sama sekali terbayang di masa depan ilmu IT sangat dibutuhkan, mereka lebih milih lari dari ngoding.

Terlalu Banyak yang Dipelajari

Biasanya di SMK maupun di kampus jurusan IT tidak melulu belajar IT. Banyak pelajaran lainnya yang tidak berhubungan dengan IT. Semua dipelajari dan memiliki point yang sangat penting. Akibatnya pelajar fokus ke semua bidang.

Andai mereka tidak bisa mengatasi masalah itu maka bisa dipastikan ilmu ngodingnya juga akan setengah-setengah.

IT Tidak Melulu Soal Ngoding

Ini dia pembelaan yang paling bagus. Mereka yang non IT meski paham bahwa IT tidak hanya soal ngoding. IT banyak cabangnya. Contohnya multimedia atau jaringan.

Setiap orang nggak melulu bisa semua hal di dunia IT. Mirip superhero yang bisa melakukan banyak hal. Setiap orang punya pilihannya sendiri. Jadi tidak perlu men judge lulusan IT bisa ngoding.

Oke?

***

Nah itu dia 11 alasan mengapa lulusan IT nggak bisa ngoding? Semua alasan di atas hanya pendapat saya saja. Boleh jadi benar boleh juga salah. Namanya juga manusia.

Betul?

Anda juga bisa menambahkan alasan lainnya di kolom komentar. Siapa tahu Anda punya alasan lain yang belum saya jelaskan di artikel ini.

Akhir kata.

Semangat.

Sebagai lulusan IT mesti sungguh-sungguh belajar ngoding. Alasannya banyak, supaya nggak dibully, supaya dapat pekerjaan yang enak, supaya di masa depan ilmunya berguna dan masih banyak alasan lainnya.

Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika terbantu dengan artikel ini, silahkan share, beri komentar dan "klik" 1 kali pada iklan ya.