Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Belajar Coding untuk Pemula

7 min read

Belajar Coding untuk Pemula

Ilmucoding.com –  Belajar coding untuk pemula sangat penting. Ilmu coding sangat dibutuhkan dengan banyaknya kegiatan digital di jaman sekarang.

Coding menjadi salah satu skill yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini.

Hal itu didasari banyaknya sekolah coding yang baru didirikan dengan tujuan untuk mengajarkan anak-anak, remaja maupun orang dewasa yang tertarik untuk belajar coding.

Selain itu, banyak seminar, kursus coding dan kelas weekend yang dibuka untuk orang-orang yang sudah bekerja tetapi juga ingin belajar coding.

Anda pun juga bisa belajar coding di rumah.

Di luar sana ada banyak website yang menyediakan materi pembelajaran coding secara online. Salah satu situs tersebut adalah ilmucoding.com.

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang ilmu coding, yuk bahas dulu apa itu coding dan apa yang saja yang perlu dipelajari.

Apa Itu Coding?

Coding merupakan istilah sederhana dari computer programming.

Coding adalah kegiatan dimana Anda memberitahu komputer apa yang harus mereka lakukan untuk Anda.

Sebuah kode bisa dianggap sebagai sebuah kalimat dalam bahasa sehari-hari. Setiap kode itu akan membantu komputer mengetahui dan mengerti apa yang ingin Anda lakukan di komputer.

Komputer akan menerima instruksi ini dan mereka akan mengikuti apa yang tertulis baris per baris.

Nah, kumpulan instruksi kode tersebut bisa membuat sebuah program apabila dijalankan / running.

Saat menulis script coding, Anda memang harus berhati-hati. Karena komputer adalah mesin, mereka hanya menerima saja kode yang Anda masukkan.

Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan detailnya.

Jangan sampai Anda memasukkan kode yang salah saat menulis kode walaupun hanya sebatas titik dan koma.

Kalau sampai ada kesalahan, Anda harus melakukan banyak debugging dan menemukan halaman error di kemudian hari.

Belajar Coding pada Web Development

Anda juga mungkin sudah tahu bahwa coding adalah bagian dari web development. Web development atau web programming sendiri adalah proses pembuatan sebuah website atau aplikasi dengan coding.

Website-website inilah yang nantinya akan dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki akses internet. Tentunya Anda memerlukan hosting agar bisa diakses di internet.

Web development sendiri memang terbagi menjadi dua:

Pertama, Web Development. Biasanya digunakan untuk membahas bagian teknis pembuatan sebuah website. Ini juga dikenal dengan istilah back end development. Back-end artinya adalah bagian dari website yang tidak terlihat oleh pengguna dan pengunjung website.

Kedua, Web Design. Yaitu istilah yang digunakan untuk membahas bagian visual dari sebuah website. Karena bagian visual dan interaktif adalah bagian dari website yang dilihat oleh pengunjung dan pengguna website, web design juga dikenal dengan nama front end development.

Selain itu, kedua bagian proyek ini bisa juga dilakukan oleh satu orang yang sama, bertanggung jawab untuk mengatur fungsionalitas website dan juga merancang tampilannya. Dalam hal ini, mereka akan disebut pengembang full-stack, menggabungkan front-end dan back-end.

Namun saya menyerankan agar sebuah proyek website dibangun dengan tim. Ada bagian khusus untuk back-end dan ada yang fokus pada bagian front-end. Ini akan mempercepat waktu pengerjaan sebuah website.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kita perlu tahu ini. Dengan mengetahui adanya back-end dan front-end, Anda akan dapat membahami jenis-jenis bahasa pemograman dengan lebih mudah.

Bahasa Programming Paling Popular Tahun 2020

Setiap bahasa programming memiliki kegunaannya masing-masing. Ada bahasa pemograman yang memang khusus dibuat untuk membuat software desktop dan web development. Ada juga bahasa yang bisa digunakan untuk analisa data.

Sekarang kami akan membahas bahasa programming yang paling banyak digunakan di tahun 2020.

Bukan berarti bahasa programming yang tidak ada di list ini sudah tidak digunakan lagi, tetapi web developer yang menguasai bahasa-bahasa ini sedang banyak dicari di luar sana.

Jadi mungkin kalau Anda mau mulai belajar coding untuk karir Anda, Anda bisa memilih salah satu dari bahasa programming di bawah ini.

JavaScript

Pernahkah Anda masuk ke sebuah website dan melihat animasi, pop-up, dan tombol yang bisa di klik?

Nah, ini semua dibuat dengan bahasa pemograman JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website interaktif dan dinamis.

Dengan elemen interaktif dan animasi, Anda dapat menarik perhatian Anda dan meningkatkan engagement di website Anda.

Tidak hanya itu, jika Anda ingin bisa benar-benar mahir dapat menggunakan JavaScript, Anda juga harus nyaman menggunakan HTML dan CSS.

Saat ini ada 2 framework javascript yang cukup terkenal, yaitu ReactJS dan Vuejs. Kedua framework ini sering dipakai oleh kebanyakan programmer. Ditambah lagi, banyak situs-situs besar yang menggunakan kedua framework ini untuk pengembangan websitenya.

HTML

Hyper Text Markup Language atau yang lebih dikenal dengan istilah HTML adalah salah satu bahasa pemograman yang paling terkenal.

HTML sendiri adalah sebuah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah website.

HTML selalu direvisi dan berevolusi agar bisa mengikuti perkembangan internet. Revisi dan evolusinya dilakukan di bawah W3C, sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas HTML.

HTML sendiri terdiri dari beberapa short codes. Nantinya kode-kode ini akan menjadi sebuah text yang disimpan menjadi sebuah file HTML.

Nantinya file ini akan dibuka di browser. Browser akan membaca file dan menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan visual sesuai dengan keinginan developer.

Dalam mengerjakan kode HTML, Anda perlu menggunakan tag dengan benar agar tampilannya akan sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk menulis HTML, Anda dapat menggunakan editor teks sederhana seperti Visual Studio Code, Atom, Sublime Text, dan Notepad++.

Untuk memulainya, Anda bisa membaca tutorial belajar HTML yang sudah disediakan oleh Ilmu Coding.

CSS

Cascading Style Sheets atau lebih dikenal dengan nama CSS adalah sebuah bahasa programming yang dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan proses pembuatan halaman web.

CSS mengontrol aspek desain yang berbeda dari HTML. Dengan CSS, Anda bisa mengatur warna tulisan, jenis font yang digunakan, jarak spasi antar paragraph, berapa ukuran kolom yang Anda butuhkan, background dan warna apa yang ingin Anda gunakan, layout desain web Anda, bagaimana website Anda akan terlihat di berbagai device dan ukuran layar, dan masih banyak lagi.

Dalam pengerjaannya, CSS biasa digabungkan dengan markup language seperti HTML atau XHTML. Biar tidak penasaran, silahkan buka tutorial belajar CSS yang sudah disediakan oleh Ilmu coding.

Python

Python adalah bahasa pemograman yang bisa dilakukan untuk banyak hal di semua sistem operasi komputer modern.

Anda bisa menggunakan python untuk memproses text, angka, gambar, dan berbagai data yang Anda simpan di komputer.

Python digunakan setiap hari oleh mesin penelusur Google, website video-sharing YouTube, NASA, dan New York Stock Exchange.

Python adalah bahasa yang perlu diterjemahkan. Ini berarti python tidak akan dikonversi ke kode yang bisa dibaca komputer sebelum program dijalankan.

Mereka baru akan diterjemahkan saat program dijalankan.  Bahasa seperti ini sering juga disebut dengan istilah bahasa scripting karena mereka digunakan untuk mengurus hal-hal yang bisa dikatakan sepele.

Tetapi Python tidak hanya digunakan untuk mengurus hal-hal sepele. Sudah banyak aplikasi di luar sana yang ditulis dengan menggunakan Python.

Selain itu, dengan Python Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Programming CGI untuk Aplikasi Web
  • Membangun RSS Reader
  • Reading dari dan Writing ke MySQL
  • Reading dari dan Writing ke PostgreSQL
  • Membuat calendar di HTML
  • Dan masih banyak lagi

Untuk memulainya, disarankan Anda belajar basic Python terlebih dahulu.

Kenapa?

Karena Anda perlu memahami dasar-dasar pemrograman python sebelum terjun ke pengembang aplikasi lainnya.

Java

Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer karena 90% dari perusahaan Fortune 500 menggunakannya.

Slogan terkenalnya “write once, run everywhere” menjadi salah satu alasan mengapa Java sangat banyak digunakan di luar sana. Ditambah lagi, mereka memiliki Java Virtual Machine (JVM) yang kuat, yang membuatnya kompatibel di berbagai platform.

Java paling banyak digunakan oleh back-end developer, big data developer, architect, system engineer, dan Android developer.

Meskipun Java mungkin bukan bahasa programming yang paling keren saat ini, Java masih banyak digunakan dan akan terus digunakan di masa yang akan datang.

C++

Pertama kali dibuat pada tahun 1985, C ++ adalah bahasa yang sangat efisien dan fleksibel. Bahasa ini tetap diminati karena performanya, reliabilitasnya, dan berbagai konteks yang dapat Anda gunakan.

C++ juga banyak digunakan oleh sistem-sistem besar seperti Microsoft, Oracle, PayPal, dan Adobe untuk membuat dan mengelola program-program mereka.

C++ banyak digunakan oleh developer aplikasi desktop, terutama untuk performance-intensive task.  

Meskipun agak rumit, memahami C ++ akan memberi Anda pemahaman yang lebih dalam tentang cara kerja bahasa, misalnya dengan memberikan fasilitas manipulasi memori tingkat rendah.

Ruby

Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai. Ini dirancang agar ramah dan mudah digunakan oleh developer, karena bahkan taglinenya sendiri adalah “teman terbaik programmer.”

Ruby adalah bahasa high level yang bertujuan untuk mencapai banyak hal dengan beberapa baris kode yang bersih dan mudah dibaca. Kode Ruby yang ditulis dengan baik hampir terlihat seperti kalimat yang ditulis dalam bahasa Inggris biasa.

Ruby bisa dibilang lebih lambat dalam hal efisiensi dibandingkan dengan bahasa populer lainnya – tetapi itu pasti meningkatkan produktivitas Anda.

PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemograman back-end yang paling popular di website. PHP digunakan untuk memperbagus tampilan sebuah halaman website.

Dengan PHP, Anda bisa membuat fitur-fitur website seperti membuat halaman login username dan password, mengecek detail sebuah form, membuat forum, galeri gambar, survei, dan masih banyak lagi.

Jika Anda melihat website yang memiliki akhiran PHP di alamatnya, ini berarti developer websitenya menggunakan PHP untuk mempercantik website.

Saat ini banyak programmer berlomba-lomba menciptakan suatu framework PHP untuk mendukung pembuatan aplikasi website.

Pertama ada Codeigniter, saat artikel ini ditulis, versi yang terbaru adalah Codeigniter 4. Framework ini banyak digunakan oleh programmer karena kerangka framework yang lebih mudah dipahami. Apabila Anda terbiasa dengan PHP Native dan ingin pindah ke Codeigniter, itu bukanlah hal sulit. Sebab, Codeigniter sangat mudah dipahami bahkan oleh pemula sekalipun.

Kedua ada framework Laravel. Saat artikel ini ditulis Laravel sudah mencapai versi ke 7. Menurut saya framework ini cukup cepat berkembang. Pecinta framework PHP banyak diberi kemudahan saat menggunakan framework ini. Tak heran, banyak yang menggunakannya untuk pengembangan suatu website.

***

Nah, sekarang ingin belajar coding menggunakan bahasa pemrograman apa?

Yuk lanjut baca untuk tahu situs-situs belajar coding gratis yang bisa Anda coba.

Situs Belajar Coding Gratis untuk Pemula

Di internet, sudah banyak website-website belajar yang bisa dimanfaatkan untuk belajar sendiri di rumah; termasuk belajar coding. Berikut ini adalah beberapa website yang menyediakan materi pembelajaran coding dan web development untuk Anda semua.

Codepolitan

Situs ini dibuat dengan framework Codeigniter dan memiliki banyak keunggulan. Situs Codepolitan menyajikan tutorial pemrograman, materi kursus, e-course, video tutorial dan masih banyak lagi. Di dalamnya terdapat forum yang bisa Anda gunakan untuk berinteraksi dengan programmer lainnya.

DaengWeb

Situs asal kota Makasar ini berisi hal-hal menarik seputar coding. Anda akan mendapatkan tutorial programming, tutorial membuat aplikasi dari nol sampai jadi, video tutorial sampai pada materi-materi debugging error.

Ilmucoding

Situs ini didirikan pada tahun 2019 pada bulan oktober. Meski boleh dikatakan baru, tutorial di situs ini cukup lengkap. Pembahasannya beragam mulai dari html, css, javascript, jquery, bootstrap, codeigniter, laravel dan masih banyak lagi.

Melalui situs ini Anda juga akan dipandu dengan contoh program dan source code yang cukup lengkap. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan ketika belajar di situs ilmucoding.

Mfikri

Situs ini merupakan situs yang terkenal di kalangan pegiat Codeigniter. Banyak pembahasan codeigniter di situs ini. Mulai dari paling mendasar seperti crud, database, grafik sampai pada tingkat yang lebih advance. Selain itu, situs ini juga menyajikan project yang Anda bisa download langsung secara GRATIS.

PetaniKode

Ini bukan situs yang membahas ilmu pertanian. Bukan. Situs ini menyajikan tutorial programming yang cukup lengkap dari dasar sampai pada tingkat mahir. Situs ini memiliki keunikan karena mengkhususkan penggunaan Linux. Bahkan websitenya pun dibuat dengan framework Hugo yang notabene berhubungan dengan Google.

SekolahKoding

Situs ini dibangun dengan framework Laravel dalam pengembangannya. Situs ini menyajikan tutorial programming yang cukup lengkap. Selain itu situs ini juga menyediakan forum Tanya jawab yang bisa Anda gunakan untuk bertanya dan sharing dengan member lainnya. Hal ini membuat situs ini jadi lebih interaktif.

KawanKoding

Situs ini memiliki tagline “Belajar Laravel Bahasa Indonesia”. Jadi sudah sangat jelas pembahasan apa yang mereka fokuskan. Situs ini menyajikan berbagai macam tutorial Laravel bahasa Indonesia yang bisa Anda nikmati.

Udemy

Situs udemy terkenal untuk Anda yang ingin kursus programming melalui video secara online. Banyak para programmer maupun trainer yang membuka kursusnya di situs ini. Namun, untuk mendapatkan kursus dari situs ini, Anda perlu merogoh kocek alias tidak gratis. Untuk itu Anda perlu bekal finansial yang cukup.

Kodingin

Situs ini fokus pada pembahasan pemrograman seputar website. Sesuai taglinenya, Koding merupakan situs belajar pemrograman website gratis. Pembahasan pada situs ini sangat beragam seperti golang, html, css, laravel dan masih banyak yang lainnya.

Selain tutorial programming secara online, Anda juga bisa belajar dari video yang disediakan oleh situs ini.

Rubypedia

Situs ini pun merupakan salah satu situs yang unik. Situs ini dibangun dengan bahasa pemrograman ruby. Tagline situs ini lebih fokus pada pembahasan seputar ruby. Namun sampai saat ini tidak hanya ruby, bahasa seperti Laravel dan lain-lain pun dibahas. Materi yang diajarkan mulai dari basic sampai pada studi kasus project. Anda bisa dengan mudah mengikuti setiap tutorialnya.

Santrikoding

Website ini merupakan web yang satu aliran dengan Rubypedia. Ya, pemiliknya sama dan tutorial-tutorialnya pun mirip dengan apa yang dibahas oleh Rubypedia. Namun bukan dari sisi kemiripan artikel, melainkan dari sisi topik yang dibahasnya. Bila Rubypedia dibangun dengan bahasa pemrograman Ruby, maka Santrikoding dibangun dengan Laravel.

Situs Anda

Lah kok situs Anda?

Saya percaya jika Anda sudah mahir dalam programming semoga terinspirasi membuat situs website programming dan membagikannya. Sebab ilmu itu tidak akan berkurang jika dibagikan. Justru, Anda akan mendapatkan pahala kebaikannya. Aamiin.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk belajar coding?

Belajar coding memang bisa terlihat mengintimidasi pada awalnya. Tetapi banyak orang yang merasa bahwa coding itu seru dan ada kepuasan tersendiri jika mereka berhasil membuat sebuah website atau aplikasi dari nol.

Di artikel ini, kami juga sudah membahas berbagai website yang bisa Anda gunakan untuk belajar coding sendiri di rumah, yaitu Ilmu Coding.

Tidak hanya gratis, dengan website ini, Anda juga bisa belajar kapan saja sesuai dengan kemampuan Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin mulai belajar coding!

Selamat belajar…

Sumber dan Referensi:

Dewaweb.com – dengan sedikit modifikasi

Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika terbantu dengan artikel ini, silahkan share, beri komentar dan "klik" 1 kali pada iklan ya.