Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Belajar Golang #3 – Memahami Command dan Fungsinya

1 min read

Belajar Golang

Belajar memahami command di golang beserta fungsinya. Materi kali ini sangat penting, karena bahasa Go tidak jauh dari Command Line Interface (CLI). Proses kompilasi, testing, install, build dan lain-lain dilakukan melalui command.

Ada beberapa jenis command di dalam bahasa Go, di antaranya:

  • Command go run
  • Command go test
  • Contoh command go build
  • go install
  • Dan go get

Jenis-jenis command ini akan kita bahas secara mendetail beserta fungsinya.

Let’s go!

Memahami Command di Golang dan Fungsi-fungsinya

Belajar pemrograman tanpa memahami command seperti air laut tanpa garam. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mempelajari command-command yang ada di Golang. Berikut penjelasannya:

Command go run di Golang

Command ini berfungsi untuk mengeksekusi file program Golang yang berekstensi .go. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu nama file diikuti dengan ekstensi .go.

Misalnya Anda mempunyai file bernama hello.go, lalu Anda ingin mengeksekusinya. Maka cara mengeksekusinya adalah:

go run hello.go

Contoh:

package main
func main() {
    print("Hello")
}

Save dengan nama hello.go

Jika dijalankan hasilnya akan seperti ini:

Memahami Command Golang serta Fungsi-fungsinya 2.png

Command go build

Command ini berfungsi untuk mengkompilasi file program. Berbeda dengan command go run, go build menghasilkan file executable pada direktori program. Misalnya yang dijalankan adalah file hello.go, maka akan menghasilkan hello.exe.

Contoh:

Memahami Command Golang serta Fungsi-fungsinya

Gambar di atas membuktikan jika command  go build digunakan, maka akan menghasilkan file .exe. File inilah yang bisa kita jalankan pada program.

Command go install

Sebenarnya antara go install dengan go build ada kemiripan, namun perbedaannya hanya pada proses. Command go install menjalankan installasi program apabila selesai melakukan kompilasi.

Target yang difokuskan oleh go install bukan file .go, tetapi path folder. Command ini juga berguna saat Anda ingin menginstall project yang nantinya beberapa file di masukan ke dalam folder pkg, src maupun bin.

Command go get

Jika Anda ingin mendownload suatu package, maka command ini sangat berguna. Terkadang dalam suatu project membutuhkan package lain untuk mendukung berjalannya program, seperti mysql, mux dan lain-lain.

Sebagai contoh misalnya Anda ingin mengsintall package mux, maka jalankan command:

go get -u github.com/gorilla/mux

Penutup

Penggunaan command akan terus Anda temukan selama mengerjakan project menggunakan Golang. Jadi, mau tidak mau Anda perlu belajar dan memahami command-command di atas. Meski tidak harus dihafal, minimal Anda memahami fungsi dan cara menggunakannya.

Belajar command ini tidak akan lengkap jika Anda belum memahami GOPATH dan workspace. Dari beberapa percobaan yang saya lakukan, sering terjadi error yang disebabkan masalah PATH. Dengan mempelajari GOPATH dan workspace insya Allah akan memudahkan Anda mengeksekusi command di atas.

Selamat belajar.

Semoga membantu.

Aamiin.

Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika terbantu dengan artikel ini, silahkan share, beri komentar dan "klik" 1 kali pada iklan ya.