Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Laravel Octane: Fitur dan Ulasan Terbaru

2 min read

Fitur dan Ulasan Laravel Octane Terbaru 2021 - Ilmu Coding
Loading...

Fitur dan Ulasan Laravel Octane Terbaru. Halo web developer, di artikel ini kita akan membahas apa itu Laravel Octane, fitur Laravel Octane serta fungsi Laravel Octane.

Tepatnya pada bulan Maret sd April 2021 kita dikejutkan oleh salah satu berita hangat tentang Laravel. Tak terasa Laravel terus berkembang dan menjadi salah satu framework PHP yang paling banyak digemari. Fitur berlimpah serta hal-hal yang ditawarkan Laravel sangat membantu untuk mempercepat pengembangan web. Belum lagi sederet manfaat dan keunggulan yang ditawarkan versi terbaru Laravel saat ini, yaitu versi Laravel 8.

Baca Juga: Fitur dan Ulasan Laravel 8 yang Perlu Kamu Tahu

Tapi tak henti-hentinya Laravel terus berkembang. Framework ini terus berinovasi untuk membantu para web developer mempercepat dan memperingan pekerjaannya. Tidak heran framework PHP ini menjadi sangat populer.

Laravel Octane adalah salah satu dari sekian fitur di Laravel. Kita akan bahas hal-hal yang berkaitan agar hilang rasa penarasan ini. Mulai dari apa, keunggulan, fitur dan ulasannya.

Yuk simak.

Apa Itu Laravel Octane?

Laravel Octane adalah salah satu Fitur di Laravel yang berfungsi untuk meningkatkan performa aplikasi.

Loading...

Laravel Octane mampu menyajikan aplikasi kita berjalan menggunakan server bertenaga tinggi.

Octane sendiri sudah termasuk fitur Swoole dan RoadRunner.

Secara garis besar, Octane melakukan boot satu kali pada aplikasi kita, kemudian menyimpannya dalam memori lalu memberikan permintaan dengan kecepatan supersonik.

Keren banget!

Hal ini berawal pada saat Taylor Otwell memberi peserta Laracon Online 2021 sekilas tentang Octane.

Ia mendemonstrasikan kirim sekitar 6.000+ request per detik di beberapa contoh “hello world” dengan beban ~ 50 permintaan bersamaan menggunakan empat thread bersamaan selama demo.

Gilak!

Loading...

Hasilnya bikin merinding.

Bukan karena hantu atau apalah, tapi kok bisa hal ini dilakukan oleh Laravel?

Bagaimana Laravel Octane Bekerja?

Kita ambil contoh request menggunakan wrk command untuk mendemontrasikannya. Kebetulan Taylor Otwell menggunakan ini saat melakukan presentasi.

wrk -t4 -c50 http://localhost:8000/hello-world

Gimana hasilnya? Sungguh menakjubkan.

Bisa kita lihat demonya di sini.

Cara masuk ke Octane adalah dengan menggunakan perintah Artisan (octane: start) yang akan menjalankan Swoole atau RoadRunner.

Kita dapat menentukan teknologi mana yang akan digunakan dan berapa banyak threads yang akan dijalankan berdasarkan threads CPU.

Loading...
Loading...

Contohnya:

artisan octane:start --workers=8 --server=roadrunner

Swoole dan RoadRunner menggunakan coroutine yang memungkinkan PHP berjalan lebih efisien dengan membagi beberapa proses pekerja berdasarkan nomor inti CPU.

… dengan menggunakan Swoole / RoadRunner memungkinkan efisiensi startup aplikasi yang lebih baik, ditambah dengan PHP OPcache untuk meminimalkan overhead dengan menyimpan kode byte dalam memori bersama.

Selain itu ia juga menghilangkan waktu startup kerangka kerja yang akan berdampak signifikan pada kinerja aplikasi dengan beban kerja HTTP request yang berat.

Mantab!

Sekedar informasi, Octane akan berjalan di PHP versi 8.

Baca Juga: Fitur dan Ulasan PHP 8 yang Wajib Kamu Tahu

Loading...

Jadi, ke depannya kita perlu memastikan bahwa web server yang digunakan sudah mendukung PHP versi 8.

Untuk lebih mudahnya, kita bisa menggunakan Laragon.

Rekomendasi: Cara Upgrade PHP 8 di Windows Menggunakan Laragon

Saya sudah mencobanya dan berjalan dengan baik.

Apa Tujuan Itu Semua?

Aplikasi web sesungguhnya tidak menuntut permintaan aneh pada setiap detik yang kita lihat di demo awal ini.

Namun, kebutuhan aplikasi PHP berkinerja tinggi adalah hal yang umum, dan Laravel berada dalam posisi unik untuk menjamin bahwa kode tingkat tinggi itu akan bekerja secara mulus dengan bantuan alat seperti Swoole dan Octane.

Dukungan pihak pertama dari Laravel untuk teknologi ini akan menjadi terobosan besar dalam pendekatan modern untuk menskalakan aplikasi PHP.

Loading...

Seluruh ekosistem PHP akan mendapatkan keuntungan dari hal ini.

Keren banget!

Kapan Fitur Ini Rilis?

Termasuk saya pribadi, kita semua berharap terobosan ini segera dirilis dalam versi stabil. Namun meski versi beta sudah dirilis, dapat diunduh dan digunakan, tetapi kita perlu ingat bahwa ini adalah versi rilis beta dan kemungkinan bug akan terjadi.

Rasanya sudah nggak sabar untuk bisa memanfaatkan fitur ini.

Penasaran melihat perkembangannya? Yuk intip di https://github.com/laravel/octane bareng-bareng.

Selamat belajar ….

Loading...
Loading...

Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika terbantu dengan artikel ini, silahkan share, beri komentar dan "klik" 1 kali pada iklan ya.