Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Tutorial Codeigniter 4 untuk Pemula – Full Tutorial

2 min read

Tutorial Codeigniter 4 untuk Pemula

Tutorial Codeigniter 4 untuk Pemula. Codeigniter 4 rilis secara resmi pada bulan February lalu. Setelah rilis, Codeigniter 4 ramai dibicarakan. Sebab, rilisnya Codeigniter 4 adalah penantian yang sangat panjang. Hampir 4 tahun waktu yang dibutuhkan untuk merilisnya.

So, pada tutorial kali ini Anda akan belajar tentang:

  1. Pengenalan Codeigniter 4
  2. Install Codeigniter 4 (via composer atau manual)
  3. Hal-hal Mendasar di Codeigniter 4
  4. CRUD Menggunakan Codeigniter 4

Oke, langsung saja kita mulai ya …

Apa Itu Codeigniter 4

Codeigniter 4 merupakan framework PHP versi terbaru yang merupakan pengembangan dari versi-versi sebelumnya. Banyak sekali perbedaan yang mencolok antara Codeigniter 3 dan Codeigniter 4, di antaranya:

  1. RestFul API Codeigniter 4
  2. Migration dan Seed
  3. Route Codeigniter 4
  4. Namespace Codeigniter 4
  5. Dan masih banyak lagi …

Silahkan simak video di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Tutorial Cara Install Codeigniter 4

Tutorial ini akan menjelaskan step by step mulai dari install melalui composer maupun download secara langsung framework Codeigniter 4 melalui situs resminya. Namun jika Anda memilih untuk menginstall via Composer, pastikan Anda sudah menginstall Composer terlebih dahulu ya.

Install Melalui Composer

composer create-project codeigniter4/appstarter nama-folder-project

By default, jika Anda tidak memberikan nama folder pada project, maka akan terbentuk folder appstarter dan kita bisa merenamenya.

Anda juga bisa menggunakan perintah di bawah ini jika tidak ingin menginstall php unit:

composer create-project codeigniter4/appstarter --no-dev

Selanjutnya, Anda bisa mengunakan perintah di bawah ini sesuai dengan kebutuhan:

composer update

Install Codeigniter 4 Secara Manual

Download Codeigniter 4 dengan cara manual sangat mudah. Anda tinggal kunjungi situs resminya, download, extract dan rename. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video di bawah ini:

Hal-hal Mendasar yang Perlu Diperhatikan

Pada awal pembahasan, saya sudah menyinggung beberapa perbedaan antara Codeigniter 3 dan 4. Nah, di sini saya merangkum beberapa hal-hal mendasar yang wajib kita ketahui di Codeigniter 4.

Environment di Codeigniter 4

Codeigniter 4 memiliki fitur baru berupa environment. Melalui environment Anda akan merasakan kemudahan dalam mengubah status aplikasi, misalnya production, testing atau development.

Anda juga dapat dengan mudah mengatur konfigurasi database melalui environment di Codeigniter 4. So, ini akan memudahkan Anda yang nggak ingin ribet dalam mengkoneksikan Codeigniter 4 ke database.

Migration dan Seed

Migration dan seed adalah fitur baru yang disediakan Codeigniter 4. Fitur ini memudahkan Anda dalam memanajemen database hanya dengan script saja. Anda tidak perlu lagi membuat table secara manual. Cukup dengan script, Anda sudah bisa membuat table dan terintegrasi dengan database.

Command Line atau CLI

Codeigniter 4 sudah menggunakan Command Line atau CLI dalam proses developmentnya. Misalnya Anda ingin menjalankan project, menambah table baru, membuat data dummy dan masih banyak hal lainnya. Kini, Anda bisa menggunakan spark sebagai bantuan untuk menuntaskan hal-hal yang kita butuhkan.

Contoh untuk menjalankan project, kita bisa menggunakan perintah di bawah ini:

php spark serve

RESTFul API Codeigniter 4

Sebelumnya kita memerlukan library tambahan untuk membuat RESTFul API di Codeigniter. Sekarang, Codeigniter 4 sudah menyediakan fitur RESTFul API yang dapat memudahkan kita membuat RESTFul Api.

Baca: Tutorial CRUD RESTFul API Codeigniter 4

Tutorial CRUD Menggunakan Codeigniter 4

Create, Read, Update dan Delete (CRUD) merupakan hal yang mendasar bagi pemula ketika mempelajari framework baru. Saya pun begitu, pertama kali yang akan saya lakukan adalah mempelajari fitur CRUD. Menurut saya dan beberapa orang, mempelajari CRUD adalah hal mendasar dan penting untuk dicoba. Sehingga ke depannya akan lebih mudah melakukan pengembangan.

Oke, langsung saja kita mulai ya …

Step 1: Insert / Create Data

Pertama-tama mari kita melakukan insert data ke dalam database di Codeigniter 4. Setelah membuat database, membuat table dengan migration, kita akan masuk ke tahapan insert data. Silahkan simak video lengkap pembahasannya di bawah ini:

Step 2: Menampilkan / Read Data

Pada step ini kita akan lebih fokus bagaimana menampilkan data dari database menggunakan Codeigniter 4. Nantinya, data yang ditampilkan akan dilihat oleh user dalam bentuk table.

Silahkan simak video penjelasannya di bawah ini:

Step 3: Edit dan Update Data

Tidak hanya insert dan tampil, tentu Anda perlu mengedit dan mengubah data. Nah, di bagian ini akan lebih fokus bagaimana menampilkan data dari database dan mengubahnya menggunakan Codeigniter 4. Data yang berhasil diubah akan dilihat oleh user.

Silahkan simak video penjelasannya di bawah ini:

Step 4: Delete Data

Tanpa delete, CRUD tidak akan lengkap. Nah, ini akan lebih fokus bagaimana menghapus data dari database menggunakan Codeigniter 4. Data yang dihapus akan dilihat oleh user. Silahkan simak video penjelasannya di bawah ini:

Penutup

Demikianlah tutorial Codeigniter 4 untuk pemula pada kesempatan ini. Tapi jangan puas dulu ya. Sebab masih banyak pembahasan tentang Codeigniter 4 di situs ilmu coding, seperti:

  1. Pagination Codeigniter 4
  2. Form Validation Codeigniter 4
  3. Session Codeigniter 4
  4. Import Export Codeigniter 4
  5. Aplikasi Sistem Informasi Penjualan dengan Codeigniter 4
  6. … dan masih banyak lagi …

Please share tutorial ini ya supaya makin banyak orang yang mempelajari Codeigniter 4. Semoga bermanfaat…

Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika terbantu dengan artikel ini, silahkan share, beri komentar dan "klik" 1 kali pada iklan ya.