Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Tutorial Python #13 – Mengenal Function Lambda

1 min read

Tutorial Belajar Python

Hallo Coders, di tutorial kali ini ini kita akan belajar mengenal Function Lambda. Setelah sebelumnya saya membahas Function di Python, kayanya nggak lengkap kalau belum mempelajari salah satu function yang unik ini.

Ada alasan mengapa saya berpendapat bahwa Lambda ini salah satu hal yang unik. Saya akan menjelaskan alasannya melalui artikel ini.

Buat Anda yang bingung dan belum mengenal Lambda Function ini lebih jauh, maka membaca artikel ini merupakan hal yang sangat tepat.

Mari belajar …

Apa Itu Function Lambda?

Function Lambda merupakan function dengan metode anonym dan sangat kecil. Kecil di sini artinya dalam ukuran baris kode yang lebih dipersingkat. Lambda hanya memiliki satu baris expression, itulah mengapa Lambda disebut sebagai small anonymous function.

Lamba dapat menerima sejumlah argument / parameter. Tidak hanya satu parameter, Lambda bisa menerima dua, tiga atau lebih parameter. Sekalipun dengan banyak parameter, hebatnya Lambda tetap menggunakan satu baris expresi.

Contoh Format Function Lambda

Sebelum kita membahas beberapa contoh kode program menggunakan Lambda, ada baiknya kita memperhatikan bagaimana contoh format sintaks Lambda.

Berikut formatnya:

lambda arguments expression

Jika dijalankan, expression ini akan mengembalikan nilai.

Wah, mantap!

Contoh Sederhana dan Penerapannya

Pada contoh kali ini kita akan mencoba memasukan parameter angka 5 yang akan ditangkap oleh Lambda, kemudian parameter tersebut akan dijumlahkan.

Perhatikan kode berikut:

x = lambda a : a + 5
print(x(5))

Jika program di atas dijalankan, maka hasilnya adalah angka 10.

Artinya lambda a sebagai variable yang menampung suatu parameter. Dalam hal ini, a = 5. Kemudian setelah keyword ”:” menandakan expression yang akan mengembalikan nilai. Jadi, variable a akan dijumlah 5.

Maka dapat dipastikan a + 5 = 10 dengan alasan variable a sudah menerima angka 5 sebagai parameter / argumennya.

Bisa dipahami?

Kalau belum, coba dengan contoh lainnya.

Lambda bisa menerima argument / parameter lebih dari 1. Kita akan mencoba menggunakan 2 parameter.

Contoh:

x = lambda a, b : a * b
print(x(5, 6))

Setelah meresapi kode di atas, dapat disimpulkan x(a = 5, b = 6). Sehingga jika expressionnya a * b, otomatis ia akan menghasilkan 5 * 6. Hasilnya sudah jelas angka 30.

Right?

Sekarang bila ada contoh seperti ini:

x = lambda a, b, c : a + b + c
print(x(5, 6, 2))

Dengan tanpa dicompile, silahkan pikirkan berapa hasilnya kemudian jawab di kolom komentar artikel ini ya.

Ilmu Coding Ilmucoding.com - Merupakan situs yang membantu Anda belajar coding lebih mudah, nyaman, interaktif dan profesional. Belajar sekarang di ilmu coding. GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika terbantu dengan artikel ini, silahkan share, beri komentar dan "klik" 1 kali pada iklan ya.